Cara Mengisi Penerimaan pada Aplikasi Pengelolaan Dana BOS sipBOS

Yang dimaksud dengan penerimaan dana bos adalah rencana atau target penerimaan dana bos yang akan dterima oleh suatu sekolah dalam kurun waktu satu tahun. Terdapat beberapa macam komponen penerimaan dana pada sekolah, antara lain : saldo atau sisa penerimaan tahun sebelumnya, bantuan dari pihak ketiga, dana transfer bantuan operasional sekolah (BOS) dari pusat.

Akumulasi penerimaan dana Bos inilah yang akan dijadikan acuan atau patokan oleh sekolah dalam menyusun rencana kerja sekolah atau sering disebut Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS) dalam satu tahun.

Pada aplikasi pengelolaan dana bos atau sipBOS ini, juga dilengkapi dengan form untuk menginput data-data penerimaan dana yang telah disebutkan di atas, sehingga akan lebih memudahkan sekolah dalam melakukan perhitungan penerimaan dari berbagai sumber yang akan digunakan dalam proses penyusunan rencana kerja dan anggaran sekolah, serta penyusunan laporan keuangan nantinya.


Cara Mengisi Rencana Penerimaan Dana BOS dalam Setahun

Cara mengisi penerimaan dana bos pada aplikasi sipBOS ini cukup mudah, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut. Pada Menu Utama klik dua kali pada Menu Penerimaan. Selanjutnya akan muncul Form Penerimaan seperti pada gambar dibawah ini. Klik tombol Tambah lalu pilih pada combobox No pilih Saldo Awal dan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) masukkan satu persatu lalu klik tombol Simpan.






Selanjutnya pada Tab Penerimaan klik dua kali di Datasheet pada Saldo Awal seperti yang ditunjukkan oleh panah merah di atas, sehingga posisi kursor berpindah ke Tab Rincian agar anda bisa mengisi rincian Saldo Awal. Saldo Awal ini adalah saldo awal dari tahun lalu yang  terdiri dari dua macam, yaitu Saldo Bank dan Saldo Tunai. 

Jika sekolah Anda hanya mempunyai Saldo Bank maka yang diinput di rincian ini  hanya Saldo Bank. Begitu juga sebaliknya dengan Saldo Tunai diisi jika sekolah anda mempunyai saldo tunai maka yang diinput hanya Saldo Tunai. Tetapi jika di sekolah tersebut terdapat saldo bank dan saldo tunai, maka kedua-duanya harus diinput pada Form Penerimaan Dana Bos ini.




Lakukan juga cara yang persis seperti di atas untuk mengisi uraian rincian Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Jika data-data tersebut telah selesai diinput, klik tombol Update supaya jumlah total penerimaan akan dikalkulasi ulang oleh aplikasi ini.

Klik tombol Cetak untuk melihat hasil preview. Jika cara penginputan data-data penerimaan tersebut di atas dilakukan dengan benar, maka hasil print out atau cetakan akan nampak seperti pada potongan gambar report penerimaan dana bos di bawah ini. 



Demikian artikel panduan tentang cara mengisi rencana atau target penerimaan pada Form Penerimaan Dana BOS, semoga bisa dipahami dan dipraktekkan.

Lanjut ke Panduan berikutnya yaitu Cara Menginput RKAS dengan Cepat dan Mudah





Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel