Cara Mencatat Penerimaan dan Pengeluaran Dana Bos pada Buku Pembantu Bank

Buku pembantu bank dana bos berfungsi untuk mencatat semua jenis transaksi, baik transaksi penerimaan maupun transaksi pengeluaran yang terjadi selama satu tahun anggaran di bank. Penerimaan dan pengeluaran yang dimaksud tersebut tentunya adalah yang berhubungan dengan pengelolaan biaya operasional sekolah atau dana BOS.

Buku laporan pembantu bank ini sering disebut juga dengan Format Bos K-5, dan merupakan salah satu laporan pelengkap spj dana bos yang dilampirkan bersama-sama dengan buku kas umum, serta buku pembantu pajak dan beberapa jenis format laporan spj lainnya.


Cara Mencatat Transaksi di Buku Pembantu Bank Aplikasi sipBOS

Cara menginput transaksi penerimaan dan pengeluaran di bank pada aplikasi sipBOS ini sangat mudah sekali dilakukan, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: Klik dua kali Buku Bank yang terdapat pada Menu Utama di Aplikasi sipBOS, maka akan muncul Form Buku Bank seperti nampak pada gambar di bawah ini. 



Pada Form Buku Bank ini terdapat lima tombol perintah serta  Subform yang masing-masing mempunyai fungsi sebagai berikut :

  1. Penerimaan : digunakan untuk menginput atau mencatat saldo awal atau saldo bank tahun lalu dan mencatat penerimaan-penerimaan dana bos yang terjadi selama setahun. Saldo awal bank ini akan otomatis terisi jika ada inputan saldo awal bank pada Form Penerimaan 
  2. Penarikan : digunakan untuk menginput atau mencatat saldo awal tunai dari tahun lalu serta penarikan-penarikan uang yang dilakukan oleh bendahara dana bos di bank selama satu tahun. Penarikan uang ini akan mengurangi saldo bank. Saldo awal tunai ini akan otomatis terisi jika sudah diinput pada Form Penerimaan
  3. Penyetoran : berfungsi untuk mencatat/menginput penyetoran tunai atau pengembalian sisa kas tunai oleh yang terjadi selama satu tahun. Penyetoran simpanan ini akan menambah saldo dana bos di bank.
  4. Pendapatan Bunga : digunakan untuk mencatat bunga bank atau jasa giro atas simpanan dana bos di bank. Pendapatan bunga atas tabungan ini akan menambah saldo bank.
  5. Biaya Admin Bank : digunakan untuk mencatat potongan-potongan atas simpanan dana bos yang dilakukan oleh pihak bank. Biaya admin bank ini akan mengurangi saldo dana bos di bank.
  6. Biaya Pajak :  digunakan untuk menginput biaya pajak atas tabungan yang dikenakan oleh bank atas simpanan dana bos. Biaya pajak ini akan mengurangi saldo dana bos di bank.


Format Formulir BOS-K5 Buku Pembantu Bank di Aplikasi sipBOS

Jika Semua data-data seperti yang telah dijelaskan tersebut di atas, yang mana data-data telah diinput pada Subform masing-masing pada Form Buku Bank sesuai peruntukannya, maka diharapkan akan menghasilkan print out atau dapat mencetak laporan buku pembantu bank yang lengkap. Hasilnya akan nampak seperti di bawah ini.





Demikian penjelasan singkat tentang formulir k-5 atau buku pembantu bank untuk spj dana bos, sehingga user mencatat semua jenis pemasukan dan pengeluaran yang berhubungan dengan buku pembantu bank Semoga hal-hal yang sudah dijelaskan di atas bisa dimengerti dan dipahami dengan baik, sehingga dapat dipraktekkan melalui aplikasi sipbos ini.

Lanjut ke Artikel panduan berikutnya yaitu : Cara menginput spj, potong  pajak, dan cetak kuitansi

Belum ada Komentar untuk "Cara Mencatat Penerimaan dan Pengeluaran Dana Bos pada Buku Pembantu Bank"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar Anda di bawah ini

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel